FREQUENTLY ASK QUESTIONS (FAQ) KARMA ROYAL/ROYAL RESORT BALI


 

 1.       Dalam klausal kontrak dengan Royal Bali, disebutkan bahwa perjanjian tidak dapat dibatalkan? Saya ingin membatalkan perjanjian tersebut bagaimana caranya?

 

Jawab: Dalam UU Perlindungan Konsumen terdapat istilah “Klausa Eksonerasi” artinya perjanjian tidak boleh berat sebelah, dan tidak boleh mengalihkan tanggungjawab dari satu pihak ke pihak lain, bila itu terjadi maka PERJANJIAN BATAL DEMI HUKUM. Jadi jangan takut! Perjanjian yang ditandatangani antara member dengan Bali Royal/Karma Royal BATAL OTOMATIS secara hukum, karena banyak klausa yang memberatkan member.  Lihat tulisan saya yang ini: https://baliroyalresort.wordpress.com/2012/05/21/klausa-eksonerasi-perjanjian-antara-penyelenggara-dan-pembeli-bali-royal-resort/,

Sebagai reverensi bisa lihat juga: http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4d0894211ad0e/klausula-eksonerasi atau http://irmadevita.com/2012/klausula-baku-vs-perlindungan-terhadap-konsumen/

Contoh kasus: http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt4c53c3c1c94a8/ma-tetap-larang-pengelola-parkir-terapkan-klausula-baku, http://www.hukumonline.com/berita/baca/hol21311/putusan-idelayi-pesawat-lion-air-dieksekusi, http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt4b6c031c4fc99/air-asia-kalah-lawan-konsumen

Jadi apakah bila kita ingin membatalkan perjanjian langsung tutup kartu kredit/blokir?

Jawab: Beberapa member yang pernah komunikasi dengan saya ada yang pengalaman dikejar-kejar oleh Debt Collector sehingga kehidupannya terganggu, (walaupun saya sarankan laporkan saja ke Polisi bila demikian sebenarnya mereka sudah melakukan tindakan pidana).  Namun sebaiknya dalam membatalkan ditempuh langkah-langkah yang tepat seperti dalam tulisan saya sebelumnya, bisa dilihat: https://baliroyalresort.wordpress.com/2012/08/14/cara-membatalkan-keanggotaan-bali-royal-resort/

2.       Apakah uang saya bisa dikembalikan setelah saya berhenti jadi member?

Jawab: Saya terjebak jadi member sekitar bulan Mei 2012 dan berhenti segera setelah membaca detail perjanjian yang berat sebelah.  Sampai hari ini uang saya belum dikembalikan, karena saya tidak punya waktu, tenaga dan biaya untuk mengurus pengembalian uang tersebut.  Saya pernah berkomunikasi dengan Tonny pemilik web: http://royalresortsbaliscam.com/ (sekarang kelihatannya sudah tutup dan tidak dikelola oleh Toni lagi), uang dia dikembalikan sepenuhnya namun dengan perjuangan yang banyak. 

Saran saya, bila ada yang mau untuk memperjuangkan dan mengkoordinir agar Royal Resort ini dituntut saya siap menyambungkan BB member yang menkontak saya.

 

3.       Apakah kita bisa melaporkan kasus ini ke Polisi atas dasar penipuan?

Jawab: Melaporkan ke Polisi atas dasar penipuan, menurut saya kurang tepat.  Salah-salah kita dapat dituntut balik.  Mereka menyediakan tempat, walaupun dengan layanan seadanya, beberapa member pernah menggunakannya dengan fasilitas yang jauh dari apa yang mereka sampaikan.  Komplain tidak direspon dengan baik, dan tidak ada after sales service yang memuaskan.  Menuntut mereka menipu saya kira kurang tepat.  Mereka tahu hal ini, sehingga sampai hari ini mereka masih bisa berkeliaran menjajakan jualannya yang sangat tricky.

Mungkin yang bisa dituntut adalah menawarkan fasilitas yang tidak sesuai dengan kenyataannya.  Namun hal ini merupakan masalah perdata.  Mohon bisa sharing ahli hukum untuk memberikan pencerahan kepada kita. Ada tulisan yang membahas mengenai masalah ini saya quote sebagai berikut:

“Coba perhatikan Pasal 1320 KUH Perdata, saya sih melihat perihal obyek yg diperjanjikan tidak jelas sehingga dapat digunakan Pasal 1322 dan 1323 untuk pembatalan. Alat bukti ya pada dokumen perjanjian itu sendiri dimana maksud dan obyek yang diperjanjikan harus merupakan sebuah kondisi lengkap yg diketahui para pihak. Anggap saja ini opsi 1, seandainya ada yg udah pakai voucher dan merasakan ada ketidaksesuaian yg kebetulan mungkin diatur dalam perjanjian bisa masuk ke Pasal 1328 dgn catatan harus ada inkracht dulu atas Pasal 378 KUHP. Rada ribet tapi dijamin puas pakai opsi ini.”

Sumber: http://www.kaskus.co.id/post/52c30b72108b4657158b459a/1#post52c30b72108b4657158b459a

4.       Apakah voucher gratis yang ditawarkan mereka dapat digunakan?

Jawab: saya sangat tidak rekomendasikan menginap dengan menggunakan voucher gratis dari mereka, lihat tulisan saya https://baliroyalresort.wordpress.com/2013/04/11/pilih-mana-gratisan-tapi-terganggu-atau-bayar-suka-suka/. Intinya vocher tersebut dapat digunakan dengan berbagai syarat tentunya, seperti ikut presentase ulang dilokasi wisata tempat kita menginap, sebagian lain disuruh deposit dan keluar uang yang bila dihitung-hitung sama saja dengan menginap di hotel dengan standar yang sama, dan yang PALING BERBAHAYA adalah terjebak menjadi member Bali Royal Resort seperti yang saya alami.

5.       Mau saya “apakan” voucher gratis yang diberikan Bali/Karma Royal?

Jawab: saya pribadi, saya robek dan buang “voucher gratis” tersebut.  Saya takut kerabat, sanak famili, dan sahabat saya terkena nasib sial menjadi member bali royal/karma royal resort.

6.       Paling tidak apa yang dapat kita lakukan agar Bali Royal/Karma Royal Resort ini tidak berhasil menjaring calon member-member yang baru.

Jawab: cara yang paling efektif adalah melalui tulisan dan blog seperti ini, Alhamdulillah blog saya ini sudah dibaca lebih dari 58.000 x dan mungkin sudah menyelamatkan ribuan calon member, ayo sebarkan melalui link blog.  Betapa dahsyatnya tulisan anda, dan bermanfaat untuk menyelamatkan ribuan calon member lain.

Perihal

Liburan ke Bali seharusnya memberikan kenangan indah, namun jadi berantakan gara-gara terjerat oleh marketing PT. Permata Bahari Mandiri, pemasar Bali Royal Resort Club. Saya yakin dan percaya, kebaikan akan dibalas dengan kebaikan dan kejahatan akan dibalas dengan balasan yang setimpal pula. Kalo tidak didunia ya diakhirat. Mohon maaf kepada para sales marketing PT. PBM atau afiliasi Bali Royal Resort yang memaki-maki saya karena calon korban terselamatkan dengan membaca blog ini. Saran saya: Rejeki itu terhampar luas, Tuhan sudah menyediakan buat Anda semua, carilah yang halal ingat bukan Anda saja yang makan tapi anak, istri dan mungkin saudara-saudara Anda. Mudah2an Allah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada Anda semua. :)

Tagged with: ,
Ditulis dalam 2014
46 comments on “FREQUENTLY ASK QUESTIONS (FAQ) KARMA ROYAL/ROYAL RESORT BALI
  1. andre mengatakan:

    Ya ampun, saya baru gabung minggu kemaren,terus gimana nih supaya batal dan uang 30 % kembali?

    • vanko mengatakan:

      Hi Andre, salam kenal. boleh saya menanyakan kelanjutan dari kasus tsb. apakah DP 30% bisa kembali? atau apakah contract bisa diputus?
      thanks ya. email me at : dominic.vanko@gmail.com

    • Ajat mengatakan:

      Duh telat nih baca situs ini.
      Aku juga baru aja kena sewaktu ngambil paket promo 4d/3n bali-getaway kemarin dgn kewajiban ikut presentasi 2-jam karma-royal.
      Memang karma-royal ngasih kesempatan utk berpikir-matang; tapi dalam kondisi penat (krn ternyata tertahan seharian di kantornya), kami terlanjur tanda-tangan. Kena deh DP 9-jt.
      Esoknya, setelah semalaman gak bisa tidur, nelpon utk batalkan. Belum ada jawaban yg memuaskan. Yg ada cuma tawaran downgrade sesuai kemampuan, katanya.
      Makasih banyak utk saran2 agar duitku bisa kembali.

    • Hermanus mengatakan:

      Bisa kontak saya di 083834021999 krn kita lagi kumpulin korban2 royal ini

  2. yenny mengatakan:

    Waduh, berarti presentasi yg 2 jam itu utk penipuan ambil paket nya ya? Untung saya googling n nemuin blog anda.. Soalnya agak bingung pada saat mrk info bahwa tidak kena biaya apa2 tp hrs hadir dgn suami plus di tanya3 masalah kartu kredit pula..
    Nyesel tadi uda sempet blg iya walo emg sih mereka blg akan kirimkan undangan konfirmasi lagi… Gimana caranya menolak ya?

  3. hency mengatakan:

    @andre….iklaskan saja krn saya juga mengalami hal yang sama, uang muka lenyap…..n @ yenny….bersyukurlah anda belum sampai terjebak…karena kalau pernah bertemu mereka, mendengar presentasi mereka dan belum punya informasi ini…maka 99 % pasti hanyut dengan tawaran mereka….

  4. woopsy daisy mengatakan:

    Halo,

    Mau sharing pengalaman aja. Tahun lalu kebetulan teman saya menawarkan saya voucher serupa (dia bekerja sebagai telemarketing di karma royal Bali), tapi tidak gratis, melainkan voucher sebesar 40$/night untuk kamar 150$/night di hotel berbincang di kawasan seminyak. Teman saya juga bilang bahwa pada hari kedua kami di Bali akan ada presentasi, kami akan di jemput Dan diantar lagi.

    Akhirnya kami (saya Dan pasangan) pun liburan dengan memakai voucher, karena kami anggap lumayan lah potongan harga untuk kamarnya. Sampai di hotel kamar kami pun di upgrade ke kelas yang lebih baik, tanpa ada penambahan biaya lagi.

    Pada hari H presentasi, kami dijemput untuk presentasi. Saat itu lokasi kantor mereka ada di daerah seminyak. Awalnya saya udah merasa, ini sepertinya emang mengarah kita harus membeli sesuatu. Dan betul saja, kami bertemu marketing nya Dan dia menjelaskan tentang liburan2 yang super menggiurkan! Saya dan pasang yg memang hobi travelling agak tergiur..penawaran mereka benar2 luar biasa menggiurkan! Nah tiba saat kami ditanya mengenai penghasilan kami. Dan marketing tetap ngotot bahwa dengan penghasilan kami berdua, kami bisa ikut sebagai member. Kami pun menaggapinya dengan tertawa terbahak. Hal ini terjadi selama 1 jam, si marketing terus menerus ber promosi, Dan karena saya Dan pasangan orangnya suka guyon, jadilah si marketing keki sendiri. Sampai akhirnya dia membanggil bosnya.

    Bosnya menerima kami dengan baik Dan bertanya bagaimana kami mendapatkan voucher dan bagaimana agar kami bisa mengelola keuangan kami agar bisa ikut serta. Dan dia bertanya berapa sebenarnya penggasilan kamu berdua. Kami pun berterus terang dan akhirnya dia yg menerangkan bahwa, target market mereka adalah orang2 dengan penghasilan diatas 60ribu Usd per tahun! Saya dan pasangan pun terbahak2 dan berkata kalau seperempatnya saja kami bedua digabung tidak ada segitu :))

    Akhirnya si Bos pun agak merasa tidak enak kepada kami karena telah membuang2 waktu kami Dan meminta maaf atas kesalahan telemarketing

    Intinya, pada dasarnya mungkin tujuan dari perusahaan sejenis awalnya memang menjual membership untuk hotel, tidak gratis tapi dengan sistem potongan harga dan target market mereka adalah memang orang2 yang saya mikirnya kalo liburan mampu pakai private jet. Hihihi. Namun mungkin saat ini Hal tersebut sudah disalah gunakan. Dan beberapa minggu lalu saya di telpon dari karma royal gandaria. Saya sempat bertanya apakah saya perlu ber penghasilan tertentu, dia menjawab tidak asal punya kartu kredit dengan limit tertentu namun karena sudah punya pengalaman serupa saya menutup telponnya.

    Ya, semoga hal2 semacam ini tidak terjadi di kemudian hari ya. Terima kasih untuk penulis blog ini yg dapat berbagi pengalaman secara mendetil🙂

  5. leeku mengatakan:

    Pak Iphays….apakah saya bisa menghubungi anda secara pribadi melalui email untuk menanyakan prihal tsb di atas? trm ksh sebelumnya…

    • Iphays mengatakan:

      silahkan pak

      • deehan mengatakan:

        Mas Iphay, saya baru saja tanda tangan membership, bisakah saya ngobrol u/ tau proses2 yang bisa dilakukan u memutuskan kontrak ini?

    • Hermanus mengatakan:

      Bisa hubungi saya di 083834021999
      Buat masalah yang. Telah terjebak di royal club

      • Lilina Gunawan mengatakan:

        Selamat malam pak iphay . Klo boleh tau apakah kasus pak  Iphay sempat di sidangnya?  Klo sempat apa hasilnya pak? Kalau boleh minta no hp pak Iphay.Trima kasih sy masih berjuang ni pak. Sdh bayar lunas saya pak.

        Dikirim dari perangkat Samsung saya

  6. Bunda Velin.Com mengatakan:

    Hallo, saya ingin membatalkan keanggotaan saya, baru 1 minggu lalu.. dan kebetulan anak saya pun masuk rumah sakit, apakah uang DP bisa kembali? Sedangkan pihak bank (kartu kredit) tidak bisa membatalkan penagihan DP. Minta tolong pak Iphays PM ke saya melalui email. Terimakasih, Tuhan memberkati🙂

  7. Bunda Velin.Com mengatakan:

    pak Iphays, saya email, tolong dibalas.. terimakasih🙂

  8. andri mengatakan:

    pak, mohon maaf apa bisa menghubungi bpk melalui email apa telepon? terima kasih,, saya juga korban yg pengen bisa konsultasi

  9. Bobby mengatakan:

    Dear All,

    Saya juga ingin menceritakan pengalaman yang sama, dengan bujuk rayu dan lain sebagainya akhirnya saya datang ke Gandaria, dan mereka berjanji hanya 1 jam saja presentasi dan akan diberikan voucher hotel menginap gratis. Ternyata lebih dari 1.5 jam presentasi, dengan nada tegas saya mengatakan, janjinya 1 jam, tetapi ini sudah lebih, anda membuang waktu saya. Kemudian marketingnya memanggil manajernya, dan memulai dengan kata-kata membujuk dan lain sebagainya, Mereka juga mengatakan, Bapak – Ibu jangan pikir-pikir dulu, tapi langsung saja ikut bergabung., Artinya, kami tidak dikasih kesempatan suami-istri untuk diskusi dirumah. Dan harius deal malam itu juga, dipaksa untuk ikut bergabung.

    Akhirnya saya tegas katakan, “Saya tidak tertarik”. Mereka masih mencoba merayu saya dan istri, pada akhirnya saya berdiri dan berjalan untuk pulang.

    Dan pada akhirnya, muka senyum mereka berubah menjadi muka “asem”.
    Terima kasih atas sharing dari saudara/i, voucher hotel gratis akan saya robek-robek. Mendingan kita menabung, dan berlibur dengan tenang dan senang hati.

    Salam

    Bobby

  10. vanko mengatakan:

    Halo All, saya baru saja mengalami hal yang serupa. sudah bayar DP. dan dalam waktu dekat mau mencoba untuk call/tulis surat untuk membatalkan kontrak. terima kasih atas sharingnya di website ini. Best Regards. dominic.vanko@gmail.com

  11. anggriyani mengatakan:

    pak iphay, saya sungguh ingin konsul dg anda, karena saya memiliki pengalaman yang sama tgl 26 juni lalu dan saya bayar nya bahkan lebih dari 30 persen. brp no telp bpk dan bagaimana kalau kita lakukan class action saja pak. saya ada kenal pengacara di denpasar, saya akan hub dia dan akan lebih baik jika banyak korban yang menggunakan cara ini. email saya adlah : jaderancaq@gmail.com. hp saya 087774756259. saya kena jeratan ini melalui baligetway dan saya spt kerbau dicocok hidungnya saat itu. tq

  12. HeTa mengatakan:

    Salam kenal pak Iphay, saya mengalami hal serupa dan sekarang sedang berupaya membatalkan dan sudah menutup kartu kredit. Dan kami sudah mengirimkan email tentang apa yang diiming2kan sangat tidak sesuai yang akhirnya kami stay di hotel non jaringan mereka. Kami mulai mendapatkan email dengan nada agak mengancam karena akan melibatkan pihak ketiga. Financing company mereka sekarang namanyanya PT Adhi Mahkota, Mohon petunjuk sebaiknya di cuekin saja atau bagaimana?

    Terima kasih atas sharingnya.

    salam,

  13. sidomuncul mengatakan:

    Anjing.com ni pt. Gw sampe ketinggalan pesawat…. gara2 beginian.berasa kayak orang peloooo….. apalagi tu manager edan emangnya dia pikir 90 jt itu gampang.. katak dia orang kaya aja. Saran gw kl pada denger nama ni pt. Bilang aja pt anjing. ….. nyesellll gw…

    • sidomuncul mengatakan:

      Asuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuyyuyuuu……. pttttt assuuuuùuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…. gw sampe mau bales dendem caranya gw mau boking hotel tu vocer sampe gw telp hotelnya. Tp hotelnya beliuuuuttttt edann….. gw telp lah karma kandara yg katanya 6 jt permalam krn gw mau bales dendem(tiket pesawat gw hangus coy) trnyata karma kandara beliutt…. trus hotel yg dijimbaran jg beliuttttt… trus tak telp yg ngasih hadiah gw trusss orangnya jd asuuuuuuu….. wes pokokeee asuuu kabehhhhh… pegelll aku rekkk gk iso molehh wesssss wessss asuuu + seeeeelllleeeeddd. Buat yg ikut member tak jaminnnn ngeluu.com. untung gw enggak……

  14. Regina mengatakan:

    Terima Kasih kepada penulis blog ini. Sy barusan bersama suami ditawarin hal serupa d bali collection. Dgn baju bertanda K yg mmg sy tau itu dr karma kandara. Sy orgjya ga gampang percaya tp begitu polosnya ksh no hp. Siap2 selama 2 hr akan ditelpon terus menrus utk dtg. Tp berkat web ini sy terselamatkan.

    Semoga yg sdh kena cpt kelar masalahnya.

  15. recoferry mengatakan:

    baru-baru ini saya memndapat email dri crown finance prihal tagihan keanggotaan bali royal resort :
    Dear Mr Recoferry and Mrs Anas
    Finance Contract Number: RGC9/100512/5975FB/EU12648

    Our records indicate that you have ignored all previous reminders and have made no attempts to settle your outstanding arrears.

    Please take note that if payment is not received within 7 days of this letter, we will have no choice but to use the expensive and timely route of Debt collection, Solicitors and Court Action.

    PLEASE DO NOT IGNORE THIS LETTER AS IT WILL BE MORE COSTLY TO YOU, IF WE GO THROUGH THE LEGAL PROCESS.

    We can assure you that the problem is not going to go away and will continue to be pursued.

    We would like to help you with any matters that we can, but we are unable to assist you if you fail to contact us.

    We appreciate it if you have to courtesy to respond to this letter.

    Yours sincerely,

    Collections Department

    Bapak Recoferry & Ibu Anas,

    Keuangan Nomor Kontrak: RGC9/100512/5975FB/EU12648

    Data kami menunjukkan bahwa Anda telah mengabaikan semua pengingat sebelumnya dan telah membuat tidak ada upaya untuk menyelesaikan tunggakan yang luar biasa Anda.

    Harap perhatikan bahwa jika pembayaran tidak diterima dalam waktu 7 hari dari surat ini, kita akan punya pilihan selain untuk menggunakan rute mahal dan tepat waktu koleksi Utang, Pengacara dan Pengadilan Action.

    JANGAN ABAIKAN SURAT INI SEBAGAI TI AKAN LEBIH MAHAL UNTUK ANDA, JIKA KITA PERGI MELALUI PROSES HUKUM.

    Kami dapat meyakinkan Anda bahwa masalah tidak akan pergi dan akan terus dikejar.

    Kami ingin membantu Anda dengan hal-hal yang kita bisa, tapi kami tidak dapat membantu Anda jika Anda gagal untuk menghubungi kami.

    Kami menghargai jika Anda harus sopan santun untuk menanggapi surat ini.
    Hormat saya,

    Collections Department

    Crown Finance Services S.L

    C/Lirio 2 – Torreblanca del Sol

    29640 : Fuengirola, Malaga, Spain

    Tel/Fax: (+34) 952 46 36 10

    crown@arrakis.es

    mohon penjelasaan teman-teman, bagaimana saya menyikapinya…

  16. recoferry mengatakan:

    pak Iphays, saya email, tolong dibalas.. terimakasih🙂

  17. Christina mengatakan:

    Hi mas Iphays,
    Kedua orang tua saya juga terjebak dalam scheme Karma Resort Bali ini. Setelah saya google baru saya menemukan website ini. Bagaimana saya bisa konsultasi dengan mas Iphays via email? Terima kasih.

  18. Jefry Ricardo mengatakan:

    Saya member karma royal.sudah saya ajukan pembatalan karena uang yg sudah saya setor sekitar Rp.40.000.000
    Saya mohon teman2 yang boleh kasih saran utk terlepas dari tipu daya Karma royal Bali.
    Terimakasih…

  19. dewi mengatakan:

    hari minggu kemarin 27/04/15 saya baru saja menjadi member karma royal sewaktu saya berlibur ke bali. tapi sampai rumah saya merasa menyesal sudah keluar uang dp 7.900.000. apalagi setelah baca2 kaskus dan blog ini. bagaimana caranya agar saya bisa batalkan dan apakah uang saya bisa kembali? mohon share infonya. saya udah email mas iphay. mohon dicek ya dan beri masukannya. trims

    • Iphays mengatakan:

      sebaiknya dibaca dulu seluruh tulisan saya bu dewi, saya pikir sudah sangat jelas cara untuk membatalkan keanggotaan bali royal resort

      • Ajat mengatakan:

        Dear Mas Iphays,
        dalam hal upaya pembatalan, salahsatu lembar perjanjian ada tertulis: “…maka semua uang yang sudah dibayar oleh pembeli akan sepenuhnya menjadi milik perusahaan dan tidak dapat dikembalikan, perusahaan juga berhak mengakhiri Perjanjian serta menagih sisa harga pembelian yang belum dibayarkan…”
        Mohon saran ya

      • Dewi mengatakan:

        Salam kenal Pak Iphays,
        Apakah cara membatalkan kontrak masih bisa dipergunakan sekarang berhubung ada rentang waktu hampir 4th sejak pengalaman Anda. Kami juga baru menandatangani kontraknya kemarin, baru membayar dp 10% harus melunasi 25% sampai bulan april. Mei baru instalment finance yg mana kami hrs melakukan cicilan selama 4x plus melunasi biaya admin sebesar 2,5jt baru membership bisa diaktifkan. Dengan kronologis tsb apa harus menyurati bagian finance paralel member relation juga? Mohon pencerahannya ya pak…saya dan suami memutuskan utk tidak meneruskan kontrak tsb. Terima kasih atas tanggapannya.

      • Lili mengatakan:

        Selamat pagi, pak iphay,
        Bagaimana kasus anda dengan
        Karma royal apakah berhasil di batalkan dan apakah uang bisa
        kembali , infonya. Terima kasih

      • Iphays mengatakan:

        3 hari setelah daftar member. langsung sy batalkan dan berhasil dibatalkan. mohon agar dibaca seluruh tulisan sy dulu.

      • Lili mengatakan:

        Selamat pagi pak iphay,
        Mungkin saya bisa mendapat Email
        Bapak sehingga saya dapat berkonsultasi supaya uang yg saya setoran bisa kembali.terima kasih

      • Lili mengatakan:

        Tolong ya pak iphay

      • Iphays mengatakan:

        silahkan dibaca lengkap tulisan saya bu. sebagai informasi sampai hari ini setelah 4 tahun berlalu uang yang sy setor belum kembali, dan saya tidak berharap akan kembali. Walaupun, ada beberapa teman2 yang sharing akan berjuang agar uang mereka akan kembali. Namun sampai hari ini belum ada yang sharing bahwa uang mereka telah kembali.

      • Lilina Gunawan mengatakan:

        Selamat siang Pak iphay,Apakah bapak punya kontak person mereka yg menginginkan pemutusan kontrak dan mengharapkan uang mereka kembali, karena saya saya sudah membayar lunas dan menginginkan uang saya dapat kembali. Tolong infonya. Terima kasih sebelumnya

        Dikirim dari perangkat Samsung saya

  20. Santje mengatakan:

    Salam kenal Pak Iphays…. sy boleh minta no telp ? ingin bicara secara langsung karena sy juga mengalami hal yang sama bahkan uang sy sdh masuk seluruhnya bkn 30 % dp terima kasih, tlg sms sy nanti sy yg menghubungi Bapak.no sy 08770981400 Thx

  21. Ahmad Azis Bahrudin mengatakan:

    Saya baru saja di presentasi berawal saya pada saat liburan di bali ada orng yg menawarkan untuk ikutan acara ultahnya hotel tsb dan saya di berikan semacam undangan yg ada hologram nya kemudian saya buka hologramnya dan saya mendapatkan hadiah pertama yaitu menginap di beberapa negara baik asia maupun eropa saya di minta orng tsb untuk ikut dan akan di jelaskan di kantor mrka sesampainya saya diminta untuk mendengarkan danpresentasi dan di ajak keliling melihat hotel mrka salah satunya hotel royal karma beach singkat cerita saya menolak ajakan bergabung mrka pertanyaan saya apakah voucher tsb benar adanya dan dpt di pergunakan.

  22. Santje Asbay mengatakan:

    Pak Iphays bisa sy hub via telp ? brp no hp nya ? ingin konsul thx

  23. hilma mengatakan:

    Apakah blog ini masih aktif??sy juga salah satu yg kena,sy sdh membayar Dp 9jt rupiah dan pembayaran ke 2 jatuh tempo bln ini,sebelumnya sy sdh memblokir kartukredit sy ,tetapi hr ini ada pihak karma yg menelephone bahwa sy sdh terikat kontrak,mohon bantuannya pd tmn2 sy hrs bagaimana??sebelumnya terimakasih

  24. ale fateh mengatakan:

    Apakah saya akan tetap dikenakan kewajiban untuk melunasi sisa pembelian member group (sudah bayar 10% (11.8jt) dari total paket member sedangkan saya sudah tdk ingin melanjutkan keanggotaan tsb (email ke memberrelationship royal group)….terimakasih atas pencerahannya

    • Iphays mengatakan:

      Tidak pak, uang bapak yang disetor diawal memang sulit untuk kembali, tapi kewajiban setelahnya tidak perlu bayar lagi. Silahkan baca tulisan sy yang lain.

      • Lili mengatakan:

        Pak Iphay ,apakah bapak punya kontak teman2 yg ingin memperjuangkan uangnya? Mungkin kita bisa patungan menyewa pengacara….

Tinggalkan Balasan

