Klausa Eksonerasi Perjanjian antara Penyelenggara dan Pembeli Bali Royal Resort


Silakan googling apa itu klausa ekosonerasi atau perjanjian baku. Singkatnya, klausa eksonerasi adalah perjanjian baku yang dituangkan dalam format tertulis yang dibuat sepihak oleh penjual barang/jasa tanpa pembeli dapat menawar untuk merubah perjanjian tersebut. Sejatinya, klausa eksonerasi bukanlah perjanjian karena memuat hal-hal yang biasanya memberatkan pembeli dan sangat menguntungkan penjual barang/jasa.

UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, telah mengamanahkan bahwa para penjual barang/jasa tidak boleh membuat aturan yang merugikan konsumen. Karena perjanjian jual beli harus didasarkan pada kesamaan derajat antara penjual dan pembeli, tidak boleh berat sebelah, satu diuntungkan satunya dirugikan. Hal ini ditegaskan oleh pasal 18 UU Nomor 8 Tahun 1999. Lengkapnya silahkan download di sini.

Kasus perjanjian jual beli Member Bali Royal Resort merupakan klausa eksonerasi, karena didalamnya memuat pasal-pasal yang sangat berat sebelah. Coba lihat tulisan saya tentang perjanjian yang tidak masuk akal. Pembeli yang menandatangani perjanjian ini akan dijerat oleh aturan yang dibuat Bali Royal Resort agar tidak dapat keluar dan terjebak didalam keanggotaan tersebut dan harus sepenuhnya membayar seluruh biaya keanggotaan, walaupun terjadi gagal bayar yang mengakibatkan seluruh haknya dicabut, namun kewajiban dan tunggakannya harus tetap dibayarkan.

CFS sebagai lembaga pembiayaan yang mendanai penjualan angsuran pemiilikan keanggotaan tersebut memuat aturan yang sama dan menerapkan suku bunga berbunga sebesar 2% apabila terjadi tunggakan. Lihat tulisan saya terjerat oleh rentenir internasional. Bilamana terjadi klausa eksonerasi? Bila terjadi perjanjian yang mencantumkan klausa eksonerasi maka perjanjian tersebut batal demi hukum (ayat 3 pasal 18 UU No. 8 Tahun 1999). Sehingga seharusnya seluruh perjanjian yang disodorkan dan ditandatangani oleh pihak pembeli ownership holiday Bali Royal Resort di wilayah hukum Indonesia, menjadi batal demi hukum.

Perihal

Liburan ke Bali seharusnya memberikan kenangan indah, namun jadi berantakan gara-gara terjerat oleh marketing PT. Permata Bahari Mandiri, pemasar Bali Royal Resort Club. Saya yakin dan percaya, kebaikan akan dibalas dengan kebaikan dan kejahatan akan dibalas dengan balasan yang setimpal pula. Kalo tidak didunia ya diakhirat. Mohon maaf kepada para sales marketing PT. PBM atau afiliasi Bali Royal Resort yang memaki-maki saya karena calon korban terselamatkan dengan membaca blog ini. Saran saya: Rejeki itu terhampar luas, Tuhan sudah menyediakan buat Anda semua, carilah yang halal ingat bukan Anda saja yang makan tapi anak, istri dan mungkin saudara-saudara Anda. Mudah2an Allah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada Anda semua. :)

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam 2012
15 comments on “Klausa Eksonerasi Perjanjian antara Penyelenggara dan Pembeli Bali Royal Resort
  1. […] Klausa Eksonerasi Perjanjian antara Penyelenggara dan Pembeli Bali Royal Resort Arsip […]

  2. Inug mengatakan:

    Adakah yang bisa sharing dengan saya secara personal? Karena saya pribadi mau memutus kontrak dengan Royal Bali dan akan menempuh cara Anda. Mohon dengan sangat bisa berkorespondensi dengan intensif via email saya.
    Terima kasih banyak atas perhatian dan kerjasamanya.

    • kenzo kollen mengatakan:

      mba/mas inug..
      saya juga ingin memutuskan kontrak, mohon sarannya bagaimana .. karena mungin lebih berpalaman. sya baru saja join 2 bulan yang lalu.saya butuh bantuannya untuk apa yang harus saya lakukan.
      terima kasih.

    • Abd Rahman Fitrah mengatakan:

      sya juga sdh teken kontrak… namun setelah selesai saya baru sadar… kalo terjadi pembodohan yang tidak saya sadari… sehingga naluri sya langsung memblokir semua kartu kredit saya… dan meminta di kirim yang baru… dengan alasan hilang. sehingga mereka tidak bisa mendebet kartu kredit saya lagi…
      namun DP $ 1.000 itu sy belum tau cara untuk refund nya.

    • Santje Asbay mengatakan:

      Hallo Inug, share ya…
      Sy membaca posting anda ttg Karma Royal pd September 2012
      Pertanyaan saya bgm kelanjutan masalahnya ?
      karena saya juga mengalami hal yang sama, bln maret 2014
      Saya sdh mengirim email ke karma royal minta pembatalan keanggotaan saya tp tdk ada jawaban, sy mencoba hubungi via telp ke no tel karma royal bali tp tdk pernah tersambung
      Mohon dapat berbagi masalah ini kpd sy, trm kasih sebelumnya

  3. elizabeth mengatakan:

    saya juga ingin memutuskan kontrak dan mendapatkan kembali uang saya, bisakah saya mohon bantuannya, terima kasih.

  4. Firman mengatakan:

    Adakah yang bisa sharing selain kita memutuskan kontrak dan mendapatkan uang kita kembali..mohon bantuannya, terima kasih

  5. Irnas mengatakan:

    Mohon pencerahan, klausa eksonerasi terjadi pada point yang mana secara spesifik?
    Saya baru 2 hari lalu menandatangani perjanjian dengan Royal Resort, dan bodohnya saya… baru sekarang saya baca peraturan & ketentuan di halaman sebaliknya secara seksama. Waktu kemarin itu tidak baca, tetapi dibacakan oleh staff executive mereka.

    • Iphays mengatakan:

      Belum sempat saya upload, bila ada waktu dan kesempatan saya akan upload dan bahas dengan detail

    • kenzo kollen mengatakan:

      saya juga ingin memutuskan kontrak, mohon sarannya bagaimana .. karena mungin lebih berpalaman. sya baru saja join 2 bulan yang lalu.saya butuh bantuannya untuk apa yang harus saya lakukan.
      terima kasih.

  6. agatha (@agathamar) mengatakan:

    Tolong dong di share cara mendapatkan kembali uangnya…. makasih

  7. Kitty mengatakan:

    Saya mau memutuskan kontrak dengan karma royal. Bisa bantu saya. Semoga bisa cepat di respon. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

